Pages

Jumat, 16 Februari 2018

Cara Merawat Rambut Untuk Wanita Berhijab

Banyak orang berpendapat bahwa jilbab adalah perlindungan hebat untuk kesehatan rambut karena rambut tidak akan pernah terkena paparan lingkungan luar seperti matahari, angin, udara, hujan, dan asap polusi. Selain itu, wanita berhijab juga jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menghabiskan berkaleng-kaleng hairspray dan menggunakan produk penataan rambut lainnya, yang dapat berperan terhadap kerusakan rambut dan menyebabkan rambut mudah patah dan rontok.

Tapi, jangan juga menjadikan berhijab sebagai alasan untuk tidak menjaga keindahan rambut. Rambut justru memerlukan perawatan dan perhatian ekstra karena menghadapi kondisi yang berbeda sama sekali di bawah jilbab.
Berikut adalah beberapa tips yang berguna untuk mempertahankan kesehatan dan keindahan rambut berhijab :

1. Sebelum mandi, sisir dulu rambut

Sisir rambut kamu dengan wide-tooth comb (sisir bergerigi jarang dan lebar dengan bentuk pipih tipis) untuk meluruskan kembali rambut yang kusut. Langkah ini terlihat sepele namun sangat penting karena kamu biasanya menata rambut dalam ikat kuda atau sanggulan, dan ini sering meremas rambut.

Menyisir rambut sebelum mandi adalah langkah awal yang baik untuk menghindari rambut rontok. Menyisir rambut dua kali sehari, bukan cuma untuk mencegah kusut dan menjaga rambut kamu agar tidak lepek, juga sekaligus membantu merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala.

2. Gunakan shampo khusus kulit kepala sensitif/rambut rusak atau non-kondisioner

Rambut berhijab cenderung berminyak dan lembap. Menggunakan shampo ringan khusus kulit kepala sensitif akan menyeimbangkan kondisi kulit kepala kamu dan mencegah ketombe hadir, yang dapat memicu rambut rontok. Penting untuk selalu memilih shampo dan kondisioner yang ringan untuk mencegah rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh bahan kimia.
Juga, ingat untuk tidak menggunakan shampo dan kondisioner setiap hari. Adalah lebih baik jika kamu menggunakannya berselang hari.

3. Masker rambut adalah sahabat 

Coba untuk deep-moisturise rambut kamu dengan minyak rambut bervitamin seminggu sekali. Jika kamu tidak dapat menemukan minyak rambut komersil, racik dua-tiga jenis minyak alami (minyak zaitun, minyak almond, minyak biji bunga matahari — apapun) untuk meramu sebuah masker rambut yang menakjubkan.

Seminggu sekali, duduk di bawah paparan matahari pagi tanpa berhijab dan pijat-pijat kepalamu selama 20 menit. Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang akan dicerna oleh tubuh untuk mendorong kesehatan rambut dan kulit kepala. Alternatifnya, oleskan masker rambut kaya vitamin dua-tiga kali seminggu. Krim, vitamin, dan beberapa pijatan lembut akan membantu rambut kamu tumbuh lebih baik.

Jika kamu tidak ingin melakukannya sendiri, pergi ke salon atau spa secara teratur. Biarkan tangan profesional merawat rambut kamu sesuai kebutuhannya.

4. Biarkan rambut sepenuhnya kering sebelum memakai jilbab

Hindari mengikat rambut dan memakai jilbab saat rambut masih basah. Rambut basah lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan, sehingga mengikat rambut erat saat basah akan menyebabkan ketegangan yang tidak perlu untuk helai rambut yang sudah terlanjur lemah. Belum lagi, ini juga dapat menyebabkan ketombe.

Blow-dry atau catok rambut juga bukan pilihan. Kedua alat ini hanya akan merusak rambut kamu. Tapi, jika kamu benar-benar butuh menggunakan pengering rambut, atur suhu di paling rendah hingga sedang.

5. Jangan ikat rambut terlalu kencang

Kadang, kita tidak menyadari fakta bahwa untuk menjaga rambut kita tetap rapi tanpa ada cuatan rambut di sana-sini, kita mengikat rambut begitu keras sampai kaku. Hindari melakukan hal ini. Selalu lebih baik untuk menatanya dalam ikat kuda atau cepolan longgar di bawah jilbab. Helai rambut akan bisa melemah jika mereka ditarik erat, menyebabkan rambut rontok Satu hal yang perlu diingat: selalu mencoba untuk mengubah belahan rambut dari waktu ke waktu untuk mencegah garis tepi rambut kamu menipis dan rontok.

6. Gerai rambut sesekali

Mengenakan jilbab tidak berarti kamu selamanya mengekang rambut dalam ikatan dan penutup rambut. Walaupun kesempatannya akan jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak berhijab, jangan lupa untuk sesekali melepas ikatan rambut dan biarkan rambut tergerai bebas saat di rumah atau di kamar. Setelah melepas ikatan rambut, sisir dan pijat-pijat kepala untuk melancarkan sirkulasi darah.

7. Potong rambut

Cobalah untuk memangkas rambut secara teratur (setiap 4-6 minggu sekali sangat dianjurkan) untuk menyingkirkan ujung-ujung yang kering dan bercabang. Jadi, bahkan jika tidak ada orang lain mendapat untuk melihat rambut kamu, jangan mengabaikan rambut dan pastikan untuk memotongnya secara teratur untuk membiarkannya tetap tumbuh dengan sehat.

8. Pilih bahan hijab yang bersahabat dengan kulit

Wajib bagi setiap wanita memahami kain apa yang harus ia gunakan untuk hijabnya. Cobalah untuk menggunakan kain yang ramah kulit yang memiliki jalur keluar-masuk udara.
Jika memungkinkan, cobalah untuk memakai serat alami yang ringan. Bahan alami yang lembut pada rambut dan akan memungkinkan rambut kamu untuk bernapas lebih baik. Kain chiffon atau katun, misalnya.

Hijab katun akan memberikan lebih bayak udara ke kulit kepala sambil sekaligus tetap menjaga rambut kamu tertutup. Jika kamu lebih suka kain sintetis, seperti nylon atau polyester, pastikan untuk menggunakan underscarf untuk membantu melindungi rambut dari risiko gesekan antar kulit kepala dan bahan kain yang dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Saat cuaca panas, gunakan jilbab berkain tipis dan adem. Di hari-hari yang dingin, tak jadi masalah apa pilihan jilbab kamu tapi ingat untuk menghindari memakai jilbab hitam selama hari-hari panas karena hitam bersifat menyerap panas.

9. Makan makanan kaya asam amino dan protein

Rambut rusak juga bisa menandakan kesehatan tubuh yang tidak optimal. Pastikan kamu menjalani pola makan seimbang dengan makan makanan sehat setiap hari, terutama sumber makanan kaya protein dan zat besi, seperti salmon, kenari, telur, dan bayam. Nutrisi yang kamu ambil dalam setiap hari membantu untuk membentengi dan memelihara setiap helai rambutmu. Kamu juga dapat menggunakan suplemen vitamin yang akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut sehat.

0 komentar:

Posting Komentar